5+ Cara Atasi Common Cold pada Anak

Dian Malam

Kesehatan


Hidung meler, bersin, dan batuk menjadi pemandangan yang seringkali kita lihat pada anak-anak. Mungkin itu adalah tanda tanda common cold pada anak.

Hal ini memang membuat khawatir, tapi tahukah kalian bahwa common cold pada anak adalah hal yang wajar terjadi? Terutama, saat masa tumbuh kembang anak.

Mengapa anak-anak mudah terkena common cold? Sistem kekebalan tubuh anak masih berkembang, sehingga mereka lebih rentan terhadap infeksi virus yang menyebabkan common cold.

Tapi, jangan panik!

Artikel ini akan membantu kalian dalam memahami common cold pada anak, mulai dari penyebab, gejala, hingga cara mengatasinya dengan mudah dan aman di rumah.

Apa Itu Common Cold

common cold pada anak

Common cold merupakan infeksi virus ringan pada saluran pernapasan atas, seperti hidung dan tenggorokan. Common cold juga disebut selesma dalam istilah medisnya.

Jenis virus yang menyebabkan common cold pada anak yaitu jenis rhinovirus.

Virus ini mudah menular melalui udara saat batuk atau bersin, dan lebih sering menyerang anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka yang masih berkembang.

Sekilas, gejala common cold pada anak mirip dengan gejala influenza atau flu.

Beberapa gejala common cold pada anak adalah sebagai berikut:

  • Hidung meler dan berair
  • Bersin
  • Batuk
  • Tenggorokan gatal
  • Suara serak
  • Demam ringan (tidak selalu)

Common cold biasanya sembuh dalam 7-10 hari tanpa pengobatan.

Apakah anak-anak Bisa Terserang Common Cold?

common cold pada anak

Tahukah kalian bahwa anak-anak memang lebih mudah terkena common cold dibandingkan orang dewasa? Mengapa demikian?

Sistem kekebalan tubuh anak masih di tahap perkembangan.

Anak-anak belum memiliki kekebalan yang kuat terhadap berbagai virus penyebab common cold. Sehingga, common cold pada anak lebih sering muncul ketimbang pada orang dewasa.

Selain itu, anak-anak lebih sering berinteraksi dengan orang lain.

Di sekolah, taman bermain, atau tempat umum lainnya. Hal tersebut membuat anak-anak lebih mudah terpapar virus dari teman-temannya atau orang yang terinfeksi flu.

Kebiasaan anak yang belum terjaga juga bisa memengaruhinya. Anak-anak belum terbiasa dengan kebiasaan hidup sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun secara teratur, yang dapat membantu mencegah penyebaran virus.

Sehingga, virus akan lebih mudah menyerang anak-anak, ternmasuk common cold pada anak.

Bagaimana Cara Mengatasi Common Cold

Hidung meler, bersin, dan batuk… ugh, common cold memang menyebalkan, apalagi pada Si Kecil kita.

Jangan panik dulu, moms!

Common cold pada anak merupakan hal yang wajar terjadi dan bisa diatasi dengan mudah di rumah. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut untuk membantu pemulihan Si Kecil:

1. Istirahat yang Cukup

common cold pada anak

Biarlah Si Kecil tidur lebih lama untuk membantu mengistirahatkan tubuh. Kurangi aktivitas bermain yang berat. Karenanya, tubuh mereka membutuhkan energi ekstra untuk melawan virus.

2. Minum Air Putih yang Banyak

Air putih bisa membantu mengencerkan lendir, terutama air putih hangat. Selain itu, air putih juga bisa menjaga tubuh Si Kecil tetap terhidrasi. Berikan air putih, ASI (untuk anak di bawah 2 tahun), atau sup hangat untuk meringankan gejala common cold pada anak.

3. Uap Hangat

Mandikan Si Kecil dengan air hangat. Atau kalian bisa gunakan humidifier di kamar Si Kecil untuk membantu mengencerkan lendir dan melegakan hidung tersumbat. Selain itu, juga berfungsi untuk menambah kelembapan udara di kamar Si Kecil.

4. Posisikan Tidur Si Kecil dengan Tepat

Gunakan bantal tambahan untuk meninggikan kepala Si Kecil saat tidur. Hal ini bisa membantu mengeluarkan lendir dan mengurangi hidung tersumbat. Sehingga, tidur Si Kecil akan lebih nyaman.

5. Kumur dengan Air Garam

Untuk anak yang sudah bisa berkumur (biasanya di atas usia 3 tahun), berkumur dengan air hangat yang dicampur sedikit garam. Hal ini bisa membantu redakan sakit tenggorokan pada Si Kecil.

6. Penuhi Asupan Makanan Bergizi

Berikan Si Kecil makanan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Buah-buahan, sayur-sayuran, dan sup hangat adalah pilihan yang tepat untuk membantu meringankan common cold pada anak.

7. Jaga Kebersihan Si Kecil

Ajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara teratur. Hal ini bisa membantu mencegah penyebaran virus.

8. Hindari Obat Terlalu Cepat

Umumnya, common cold pada anak bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, sebagai orang tua yang cepat tanggap tentunya menginginkan yang terbaik untuk Si Kecil. Jangan berikan obat terlalu cepat, lebih baik gunakan pengobatan herbal yang bebas kimiawi.

Ingat, common cold biasanya sembuh dalam 7-10 hari. Jika gejalanya tidak membaik setelah 10 hari, atau Si Kecil mengalami demam tinggi, batuk parah, atau kesulitan bernapas, segera bawa ke dokter.

Dengan perawatan yang tepat dan penuh kasih sayang, Si Kecil pasti bisa segera pulih dari common cold dan kembali ceria bermain!

Tips tambahan:

  • Gunakan diffuser dengan essential oil seperti lavender atau peppermint untuk membantu meredakan hidung tersumbat.
  • Berikan kompres hangat di dahi atau leher Si Kecil untuk meredakan demam.
  • Gunakan saline nasal drops untuk membantu membersihkan hidung tersumbat.
  • Hindari asap rokok dan polusi udara di sekitar Si Kecil.

Selanjutnya, mari kita simak pembahasan mengenai pengobatan common cold pada anak!

Pengobatan Common Cold

Umumnya, common cold pada anak biasanya akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Beberapa obat kimiawi biasanya untuk meredakan gejalanya.

Sehingga, penting untuk menjaga imunitas Si Kecil agar tetap terjaga dengan baik.

Berikan Vitasma Kids untuk anak jika terkena common cold. Vitasma Kids merupakan madu herbal dengan formulasi 9 bahan alami. Sehingga, proses metabolisme lebih cepat dan tentunya aman di konsumsi rutin setiap hari tanpa menimbulkan efek samping dan efek ketergantungan.

Dengan dua bahan aktifnya, Vitasma Kids terdiri dari Thymol Extra dengan fungsi utama membantu mengatasi semua gangguan pernapasan pada anak dan juga Polyphenols Active yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, juga mengurangi inflamasi pada tubuh yang bisa mengakibatkan tubuh SI Kecil mudah terkena penyakit.

Vitasma Kids cocok untuk anak usia mulai 1 tahun ke atas. Dengan dosis dan penggunaan yang tepat, Vitasma Kids mampu melawan virus dan bakteri penyebab batuk, flu, infeksi, peradangan serta common cold pada anak. Dan juga Vitasma Kids menjadi multivitamin untuk menjaga dan merawat kesehatan pernafasan pada anak.

Tentunya, Vitasma Kids sudah memiliki sertifikat Halal MUI dan BPOM, sehingga tak perlu cemas!

Segera konsultasikan dengan customer service kami mengenai keluhan Si Kecil dan produk Vitasma Kids. Nantikan kembali artikel-artikel berikutnya hanya di website ini!

obat batuk vitasma

Vitasma, Solusi Sesak Saat Mendesak

Dia yang memiliki kesehatan memiliki harapan; dan dia yang memiliki harapan, memiliki Segalanya.

Saya ingin Membeli Produk Vitasma Terbaik Sekarang!

Tinggalkan komentar

vitasma obat batuk alami

Madu Vitasma adalah madu herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami dengan khasiat untuk mengatasi masalah iritasi, infeksi, dan peradangan pada saluran pernapasan seperti batuk, sesak napas, sinusitis, dan gangguan pernapasan lainnya.

2024 © Madu Vitasma