Aman Dan Ampuh; 7+ Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan Dan Batuk Secara Alami

Bestie, siapa di sini yang lagi kesulitan menelan akibat sakit tenggorokan dan batuk? Sakit tenggorokan merupakan kondisi gangguan kesehatan yang cukup sering terjadi pada masyarakat Indonesia.

Sakit tenggorokan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, namun penyebab umumnya adalah radang akibat infeksi virus atau bakteri penyebab batuk dan pilek. Kondisi ini tentu sangat mengganggu kenyamanan, apalagi saat berbaring di malam hari.

Lantas, adakah obat sakit tenggorokan dan batuk secara alami? Yuk, kita simak bersama dalam artikel ini!

Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan dan Batuk secara Alami

obat sakit tenggorokan dan batuk

Bestie, batuk dan sakit tenggorokan memang hal yang sering terjadi, apalagi ketika musim hujan dan pancaroba. Namun, batuk dan sakit tenggorokan bisa menjadi semakin parah dan memicu penyakit kronis apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, radang atau sakit tenggorokan umumnya ditandai dengan adanya penebalan atau pembengkakan pada dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, muncul bintik putih yang disertai dengan datangnya nyeri pada saat menelan makanan, minuman, bahkan air liur.

Untuk mencegah dan mengatasi sakit tenggorokan dan batuk, kamu dapat mengonsumsi obat-obatan alami yang ada di dapur, tanpa harus mengonsumsi obat berbahan kimia. Berikut adalah rekomendasi obat sakit tenggorokan dan batuk secara alami.

Baca Juga: BENARKAH PENYAKIT ASMA ITU TURUNAN? 5 FAKTA YANG HARUS DIKETAHUI!

Madu

Madu merupakan salah satu substansi makanan manis dan kental yang dibuat oleh lebah madu dan beberapa serangga lainnya.
Madu ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin, antioksidan, serta nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, madu juga mengandung demulcent yang berfungsi sebagai penenang dan pelindung tenggorokan dari iritasi atau peradangan dengan cara membentuk lapisan pelindung pada mukosa atau selaput lendir.

Tak hanya itu, madu bahkan mengandung zat analgesik yang dapat meredakan nyeri tenggorokan dan batuk kering atau berdahak. Oleh karena itu, madu kerap dijadikan sebagai bahan untuk obat sakit tenggorokan dan batuk secara alami.

Minva sangat merekomendasikan penggunaan madu sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk, karena dinilai aman untuk saluran pencernaan. Sebab, sakit tenggorokan dan batuk kering bisa disebabkan oleh penyakit GERD, yaitu penyakit gangguan pada sistem pencernaan karena melemahnya otot kerongkongan akibat naiknya cairan asam lambung.

Kamu dapat mengonsumsi madu sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk dengan cara mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurkannya ke dalam minuman hangat, seperti teh atau susu.

Namun, hindari penggunaan madu pada anak di bawah usia 1 (satu) tahun karena dapat menimbulkan risiko botulisme, yaitu keracunan serius dari bakteri Clostridium botulinum. Racun ini dapat menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan otot.

Air Garam

obat saki tenggorokan dan batuk

Air garam merupakan bahan dapur yang dapat kamu gunakan sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk kering atau berdahak.
Dilansir dari laman Rumah Sakit Siloam, larutan air garam memiliki sifat antiseptik yang dapat memperlambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab batuk dan sakit tenggorokan.

Selain itu, larutan garam juga dapat mencairkan dahak atau lendir yang menumpuk karena hidung tersumbat. Menggunakan garam sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk cukup mudah. Caranya, larutkan satu sendok teh garam beryodium ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian berkumur tanpa meminum air garam tersebut. Lakukan sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari hingga batuk dan sakit tenggorokan mereda.

Lemon

Lemon merupakan buah tinggi vitamin C yang sering dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Dilansir dari laman Rumah Sakit Siloam, lemon mengandung senyawa astrigen yang dapat meredakan peradangan serta pembengkakan pada tenggorokan. Selain itu, lemon dapat meningkatkan produksi air liur dan membantu menjaga selaput lendir tetap lembab.

Namun, jika kamu memiliki alergi pada buah citrus, seperti jeruk, lemon, dan sebagainya, hindari mengonsumsi lemon sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk karena dapat membuat tenggorokan semakin sakit, bahkan memicu peradangan pada bibir dan mulut.

Cuka Apel

obat saki tenggorokan dan batuk

Siapa yang pernah menggunakan cuka apel sebagai toner atau perawatan kulit? Selain bagus untuk kesehatan kulit, cuka apel juga dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk, lho!

Cuka apel memiliki senyawa antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan dan batuk. Kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk dengan cara mencampurkan 1 (satu) sendok makan cuka apel dengan 2 (dua) sendok teh garam yang dilarutkan ke dalam segelas air hangat.

Akar Licorice

Licorice merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengobati sakit tenggorokan dan batuk.
Akar licorice mengandung ekspektoran dan demulcent yang dapat mengencerkan dahak sehingga lebih mudah keluar saat batuk dan meredakan sakit tenggorokan.

Dilansir dari laman Halodoc, senyawa dalam licorice dapat memproduksi lapisan pelindung yang meringankan iritasi pada membran mukosa saluran pernapasan sehingga dapat dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk.

Bawang Putih

obat saki tenggorokan dan batuk

Bawang putih dikenal sebagai antibakteri alami karena mengandung allicin, zat bioaktif yang berperan sebagai antibakteri. Oleh karena kandungan tersebut, bawang putih dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit tenggorokan dan batuk. Untuk digunakan sebagai obat, kamu dapat mengunyah bawang putih secara langsung.

Jahe

Siapa yang tak kenal manfaat jahe untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan? Tanaman herbal ini kerap dijadikan sebagai bahan obat sakit tenggorokan dan batuk kering maupun batuk berdahak.

Jahe mengandung gingerol yang bersifat antiinflamasi serta analgesik yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang tenggorokan.
Selain itu, sensasi hangat dari jahe dapat melegakan tenggorokan dan mengurangi frekuensi gejala batuk.

Untuk menggunakan jahe sebagai obat batuk kamu dapat merebus jahe yang telah dibersihkan kemudian meminum air rebusan tersebut, atau mencampurkan air rebusan tersebut dengan teh maupun susu hangat.

Kunyit

Selain jahe, kamu dapat menggunakan kunyit sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk kering maupun berdahak. Kunyit mengandung sifat antiradang dan antibakteri yang dapat melawan bakteri atau virus penyebab batuk dan sakit tenggorokan.

Kunyit dapat dikonsumsi sebagai obat sakit tenggorokan dan obat batuk dengan cara menghancurkan atau menghaluskan hingga menjadi bubuk, kemudian campurkan kunyit dengan susu hangat atau teh.

Namun, perlu kamu ketahui, hindari minum air putih setelah mengonsumsi obat herbal ini karena dapat menghalangi cara kerja senyawa antiinflamas pada kunyit.

Vitasma

Vitasma merupakan obat herbal yang terbuat dari madu alami dengan formulasi kayu manis, jinten hitam, daun cakar ayam, daun mint, rimpang jahe, jeruk nipis, dan daun saga.

Bahan-bahan tersebut membantu mengatasi sesak napas, batuk alergi, ISPA, melegakan tenggorokan, dan menjaga kesehatan saluran pernapasan. Selain itu, kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi dalam Vitasma ini dapat 4 (empat) kali lebih efektif mengatasi batuk menahun atau batuk yang tak kunjung sembuh tanpa menimbulkan efek samping.

Aturan minumnya sangat mudah, untuk anak 2-5 tahun cukup konsumsi ¼ sendok teh 1 kali sehari, 6-12 tahun ½ sendok teh 1 kali sehari, dan 12 tahun – dewasa 1 sendok makan atau 2 sendok teh 1 kali sehari.

Vitasma ini sangat baik untuk dikonsumsi saat batuk atau asma kambuh dengan menggunakan sendok kayu atau plastik (hindari sendok besi atau stainles) agar tidak mengurangi manfaatnya.

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit tenggorokan dan batuk alami. Jika kamu tertarik dengan artikel kesehatan saluran pernapasan, kunjungi laman blog kami di www.vitasma.com.

Vitasma, Napas jadi lega!

obat batuk vitasma

Vitasma, Solusi Sesak Saat Mendesak

Dia yang memiliki kesehatan memiliki harapan; dan dia yang memiliki harapan, memiliki Segalanya.

Saya ingin Membeli Produk Vitasma Terbaik Sekarang!

Photo of author

Ina Siti Aisah

Ina merupakan seseorang yang gemar menulis artikel kesehatan dan gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar