Benarkah Minum Es Bikin Batuk, Kira-Kira Mitos atau Fakta?

Ina Siti Aisah

General


‘Es teros…’ begitulah ujaran yang sering diucapkan oleh ibu atau orang terdekat saat mendengar anak atau temannya batuk. Pasalnya, es selalu dianggap sebagai penyebab batuk. Lantas, benarkah es bikin batuk?

Artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang pemahaman apakah benar minum es bikin batuk, atau hal tersebut hanyalah mitos yang telah melekat di masyarakat? Yuk, simak bersama!

Benarkah Minum Es Bikin Batuk? Pahami Terlebih Dulu Apa Itu Batuk!

minum es bikin batuk

Bestie, seringkali es dianggap sebagai salah satu penyebab batuk. Padahal, menurut dr. Dien Kalbu Ady dari RS PKU Muhammadiyah Surakarta, anggapan tersebut kurang benar. Menurutnya, es tidak ada kaitannya dengan batuk.

Hanya saja, minum es atau makanan dini saat flu bisa memperburuk kondisi tersebut akibat daya tahan tubuh yang kurang.

Oleh karena itu, dokter kerap memberikan edukasi pada pasien batuk pilek untuk tidak makan atau minum minuman dingin.

Es bukanlah penyebab langsung dari timbulnya batuk, namun bisa menjadi pemicu batuk yang lebih buruk. Untuk itu, minum es saat batuk tidak disarankan agar tidak bertambah parah.

Lantas, apa penyebab batuk yang sebenarnya?

Dilansir dari Kemenkes RI, batuk merupakan respon alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari patogen seperti virus, bakteri, atau zat-zat asing lainnya.

Beberapa kondisi kesehatan seperti reflux asam, ISPA atau gangguan jantung juga bisa menyebabkan batuk.

Umumnya batuk akan hilang atau membaik dengan sendirinya dalam kurun waktu dua minggu, tergantung pada penyebabnya.

Jadi, jawaban dari pertanyaan apakah minum es bikin batuk adalah tidak. Namun, jika kamu masih belum yakin dengan jawabannya, maka simak informasi berikut sampai tuntas!

Baca Juga: Berapakah Frekuensi Pernapasan Normal Manusia?

Kenapa Beberapa Orang Batuk Setelah Minum Es?

minum es bikin batuk

Bestie, secara umum, batuk yang muncul setelah minum es bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti alergi atau kondisi medis lainnya.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan batuk setelah minum es:

Alergi

Bestie, alergi bisa memicu batuk setelah minum es, apalagi jika produk dalam minuman tersebut mengandung alergen.

Tak hanya itu, kualitas kebersihan air untuk membuat es juga bisa berpotensi batuk. Jadi, jika kamu ingin minum es tapi takut batuk, Minva saranin untuk membuat es sendiri di rumah agar kualitas kebersihan es lebih terjamin.

Bronkospasme

Bestie, beberapa orang mungkin bisa mengalami batuk setelah minum es karena kondisi medis yang disebut bronkospasme.

Bronkospasme merupakan kondisi mengencangnya otot-otot yang melapisi saluran udara secara tiba-tiba sehingga terjadi penyempitan saluran udara dan akhirnya memicu kesulitan bernapas hingga batuk.

Bronkospasme ini umumnya terjadi pada penderita asma dan alergi, sekaligus sebagai reaksi terhadap minuman dingin.

Pengerasan lendir

Saat minum es, trakea bisa menjadi dingin sehingga lendir di dalamnya mengental. Nah. kondisi tersebut bisa membuat tenggorokan terasa gatal dan akhirnya memicu batuk.

Infeksi laring dan kerongkongan

Infeksi pada laring dan kerongkongan bisa membuat tubuh rentang mengalami batuk setelah minum es atau minuman apapun. Pasalnya, saat laring infeksi, makanan atau minuman membuat laring atau kerongkongan menjadi lebih sensitif.

Jadi kesimpulan dari pertanyaan, apakah minum es bikin batuk dan pertanyaan kenapa seseorang mengalami batuk setelah minum es yaitu, minum es tidak akan menyebabkan batuk untuk orang dengan daya tahan tubuh yang baik dan tanpa kondisi medis tertentu.

Namun, jika kamu mengalami batuk setelah minum es bisa jadi penyebabnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan kondisi medis seperti yang disebutkan sebelumnya.

Minum es tidak akan menyebabkan batuk, namun kondisi tertentu bisa menyebabkan minum es bikin batuk bertambah parah.

Tips Menjaga Kesehatan Tenggorokan agar Tidak Batuk

minum es bikin batuk

Bestie, perlu diingat kembali bahwa anggapan minum es bikin batuk tidaklah benar. Jadi, kamu harus tetap menjaga kesehatan tenggorokan meski jarang minum es.

Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan tenggorokan agar tidak batuk:

  • Hindari mengonsumsi minuman dingin jika kamu memiliki sensitivitas terhadap dingin.
  • Minumlah air hangat untuk meredakan rasa gatal atau tidak nyaman pada tenggorokan.
  • Jika batuk berlanjut disertai dengan gejala lainnya, segera konsultasi dengan dokter.
  • Konsumsi Vitasma untuk meredakan batuk dan gejala gangguan pernapasan lainnya.

Vitasma merupakan obat herbal yang dibuat untuk mencegah dan meredakan infeksi saluran pernapasan atas maupun bawah.

Dilengkapi dengan flavonoid dan antioksidan aktif, Vitasma 4 kali lebih efektif meringankan radang paru-paru atau ISPA, seperti asma, batuk kronis, dan batuk menahun.

Vitasma juga dilengkapi oleh probiotik yang mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh di musim hujan. Jangan khawatir, Vitasma juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil atau ibu menyusui tanpa menimbulkan efek samping.

Itulah informasi tentang jawaban dari anggapan bahwa minum es bikin batuk. Secara umum, anggapan minum es bikin batuk tidak ada hasil penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa es bikin batuk.

Sementara beberapa orang mungkin mengalami sensasi dingin atau ketidaknyamanan setelah mengonsumsi es, ini tidak selalu terkait dengan respons batuk.

obat batuk vitasma

Vitasma, Solusi Sesak Saat Mendesak

Dia yang memiliki kesehatan memiliki harapan; dan dia yang memiliki harapan, memiliki Segalanya.

Saya ingin Membeli Produk Vitasma Terbaik Sekarang!

Tinggalkan komentar

vitasma obat batuk alami

Madu Vitasma adalah madu herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami dengan khasiat untuk mengatasi masalah iritasi, infeksi, dan peradangan pada saluran pernapasan seperti batuk, sesak napas, sinusitis, dan gangguan pernapasan lainnya.

2024 © Madu Vitasma