5 Makanan Pantangan Penderita Asma, Yuk Hindari Dari Sekarang!

Pasti kamu sudah sering mendengar soal penyakit asma ya? Penyakit yang bisa diturunkan secara genetik ini memang sangat mengganggu produktivitas. Pasalnya, penderita asma kerap kali merasakan sesak napas akibat penyempitan yang terjadi pada saluran pernapasan. 

Selain faktor keturunan, penyakit ini bisa diderita oleh setiap orang tanpa memandang usia loh! Asma bisa disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, lingkungan yang kotor, serta berbagai macam pemicu lain seperti jenis makanan. Oleh karena itu, ada beberapa makanan pantangan penderita asma yang harus dihindari agar menurunkan risiko asma kambuh. 

Dalam artikel ini, kita akan sama-sama belajar tentang makanan pantangan penderita asma serta rekomendasi jenis jenis makanan untuk penderita asma.

Harapannya, kita bisa memberikan jenis makanan yang tepat dan bernutrisi seimbang agar bisa membantu mencegah asma kambuh. Namun sebelumnya, kita akan sedikit me-review tentang penyakit asma. Yuk simak! 

Data dari WHO pada tahun 2019 menunjukkan bahwa asma telah menginfeksi 262 juta orang di seluruh dunia. Parahnya, penyakit ini telah menyebabkan kematian pada 455 ribu orang di seluruh dunia!

Kesadaran tentang penyakit ini wajib ditumbuhkan agar penderita asma lebih cepat dalam mendapatkan penanganan yang tepat.

Saat asma kambuh, biasanya penderita akan menunjukkan berbagai gejala, seperti batuk, mengi atau bunyi saat bernapas akibat penyempitan saluran pernapasan, napas pendek-pendek, dan dada yang terasa sesak. Gejala tersebut bisa semakin buruk saat malam hari atau saat melakukan aktivitas fisik dan berolahraga. 

Penyakit asma yang terus menerus dibiarkan bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Asma dalam tingkatan yang parah bahkan bisa menyebabkan status asmatikus, yaitu penderita asma tidak merespon pengobatan seperti biasa, sehingga harus mendapatkan penanganan medis dari dokter.

Asmatikus bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti tertutupnya saluran pernapasan oleh penumpukan lendir, henti jantung akibat kurangnya kadar oksigen dalam darah (jika terjadi dalam waktu lama bisa membuat kematian otak), hingga kebocoran udara dari paru-paru ke rongga dada (pneumomediastinum). 

Komplikasi yang disebabkan oleh asma juga akan berpengaruh terhadap kualitas hidup, seperti kualitas tidur yang menurun, yang menyebabkan efek domino seperti kurang fokus, konsentrasi mudah terganggu, serta tubuh menjadi kurang fit dan mudah lelah. Tentunya, hal ini akan meningkatkan risiko stres, kecemasan, bahkan depresi pada orang dewasa. 

makanan pantangan untuk penderita asma

Hingga sekarang, belum ada teknologi yang bisa menyembuhkan asma 100%. Penyakit ini baru bisa dicegah agar tidak kambuh, yaitu dengan menghindari alergen yang bisa memicu asma, hentikan perilaku hidup yang buruk, serta mulai aktif bergerak dan berolahraga. 

Perlu diingat, olahraga untuk penderita asma tidak boleh melibatkan aktivitas fisik yang terlalu berat ya! Untuk memilih jenis olahraga yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter agar tubuh tetap bugar dan risiko terkena asma semakin menurun. 

Makanan Pantangan Penderita Asma

Tahukah kamu? Ternyata penderita asma memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit yang berkaitan dengan asam lambung seperti GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) loh! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 75% orang dewasa memiliki penyakit asam lambung. 

Belum ditemukan keterkaitan yang jelas antara asma dengan penyakit asam lambung. Namun sampai sekarang, peneliti yakin bahwa saat asam lambung naik, tubuh akan refleks menyempitkan saluran pernapasan untuk mencegahnya masuk ke saluran tenggorokan. Kondisi tersebutlah yang memicu terjadinya asma. 

Maka dari itu berbagai makanan pantangan penderita asma ini sekaligus ditunjukkan kepada penderita penyakit asam lambung agar tidak memperburuk gejala asma yang bisa timbul. Lantas, apa saja makanan pantangan penderita asma? Yuk kita simak! 

Buah-buahan yang Dikeringkan

Metode pengeringan makanan memang menjadi salah satu cara untuk membuatnya lebih awet. Buah-buahan kering cukup populer karena sangat praktis untuk disimpan dan bisa digunakan kapan saja. Selain itu, olahan buah kering juga bisa beraneka ragam dan rasanya masih cukup nikmat. 

Meski demikian, buah-buahan kering menjadi salah satu makanan pantangan penderita asma loh! Hal itu disebabkan karena salah satu zat yang digunakan untuk mengeringkan buah yaitu sulfit. Senyawa ini bisa menyebabkan masalah bagi sebagian penderita asma. Jadi, kamu harus lebih teliti dan jangan sembarangan memberikan makanan pantangan penderita asma ini ya! 

Kopi

Salisilat merupakan salah satu zat yang terkandung secara alami dalam kopi, teh, bahan rempah, hingga dalam obat antiradang seperti aspirin. Memang ada banyak orang yang tidak menunjukkan reaksi apapun setelah mengonsumsi zat tersebut. Akan tetapi, bahan tersebut bisa membuat sesak napas loh! 

Kandungan kafein dalam kopi bisa membuat cincin otot pada kerongkongan mengalami relaksasi. Hal itu menyebabkan asam lambung bisa naik ke kerongkongan dan menyebabkan GERD dan bisa memicu gejala asma. Maka dari itu, jika porsi konsumsi salah satu makanan pantangan penderita asma ini dikurangi, gejala asma akan semakin membaik.

Susu Sapi

Susu dan berbagai produk olahannya seperti keju, yoghurt, krim, mentega, dan sebagainya menjadi makanan pantangan penderita asma. Dikutip dari sebuah penelitian, konsumsi susu dan produk olahannya secara berlebihan berpotensi meningkatkan produksi lendir dalam paru-paru. 

Lendir tersebut bisa menghalangi saluran pernapasan, sehingga menyebabkan sesak napas dan memperburuk gejala asma. Selain itu, susu sapi juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena lemak susu bisa membuat otot bawah kerongkongan menjadi lentur sehingga bisa memicu GERD. 

Alih-alih mengonsumsi susu sapi, kamu bisa menggantinya dengan susu kambing. Susu kambing tidak memicu terjadinya reaksi asam dalam lambung serta tidak meningkatkan produksi lendir dalam paru-paru, sehingga lebih baik untuk dikonsumsi oleh penderita asma. 

Minuman Bersoda

Sebenarnya, bukti mengenai minuman bersoda atau soft drink bisa memicu terjadinya asma masih sangat sedikit. Namun, ada baiknya memasukkan soft drink ke dalam makanan pantangan penderita asma.

Dalam satu takaran saji, soft drink mengandung kadar gula dan kalori yang sangat tinggi dan bisa memicu obesitas, yang menjadi salah satu faktor risiko asma. Selain itu, soft drink bisa meningkatkan gas dalam lambung yang membuat dada terasa sesak dan memicu serangan asma. 

Masakan Bersantan

Masakan bersantan memang menjadi salah satu makanan yang sangat nikmat untuk dikonsumsi, apalagi saat momen tertentu seperti lebaran. Akan tetapi, masakan bersantan justru menjadi makanan pantangan penderita asma bagi sebagian orang. 

Makanan bersantan memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan tingginya kolesterol dalam tubuh. Selain itu, makanan bersantan juga bisa memicu asma kambuh loh! Oleh karena itu, sebaiknya kita membatasi konsumsi makanan bersantan untuk menjaga kesehatan. 

Perlu diingat, makanan pantangan penderita asma yang telah disebutkan di atas mungkin saja memiliki efek yang berbeda pada setiap orang. Bisa jadi beberapa orang mengalami alergi yang bisa memperburuk asma dan beberapa orang lainnya tidak merasakan efek samping apapun. 

Sebenarnya, asma sangat jarang dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. Hanya saja, alergi yang parah terhadap beberapa jenis makanan bisa memicu gejala yang menyerupai asma. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar paham dengan jenis makanan pantangan penyakit asma yang bisa memberikan dampak buruk bagi kondisi pernapasanmu ya! 

Alih-alih mengonsumsi makanan pantangan penderita asma, kita harus memilih berbagai makanan sehat bergizi seimbang mulai sekarang, seperti minyak zaitun, ikan salmon, tuna, atau sarden yang tinggi asam lemak omega-3, aneka buah dan sayuran segar, dan jahe untuk membantu melegakan pernapasan. 

Nah, itu dia berbagai macan makanan pantangan penderita asma. Selain lebih selektif dalam memilih makanan, penanganan asma juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat, seperti berhenti merokok, rutin berolahraga sesuai kemampuan, serta sering membersihkan lingkungan tempat tinggal agar terhindar dari berbagai macam alergen yang bisa memicu asma. 

Saat asma menyerang, kamu bisa konsumsi Vitasma untuk membantu meringankan gejala. Vitasma diformulasikan dari 100% herbal alami yang diproses dalam pabrik modern dan higienis, sehingga kualitasnya terjaga. 

Vitasma sudah memiliki izin edar dari BPOM serta telah mengantongi sertifikat halal MUI sehingga sangat aman dikonsumsi siapapun mulai dari anak-anak usia 2 tahun hingga orang dewasa, tanpa menimbulkan efek samping ataupun rasa ketergantungan. 

Vitasma, herbal aman bantu redakan masalah pernapasan!

obat batuk vitasma

Vitasma, Solusi Sesak Saat Mendesak

Dia yang memiliki kesehatan memiliki harapan; dan dia yang memiliki harapan, memiliki Segalanya.

Saya ingin Membeli Produk Vitasma Terbaik Sekarang!

Photo of author

isna hardika

Hai! Saya Isna, seorang content writer. Saya menulis artikel kesehatan, khususnya tentang kesehatan saluran pernapasan, dengan riset yang mendalam dan bahasa yang mudah dipahami.

Tinggalkan komentar